Selasa, 18 Mei 2010

Ncomputing

Nama : Polian Arienday
NPM : 21106054
Yang saya ketahui tentang NComputing adalah terminal yang pertama di dunia yang tidak membutuhkan CPU / prosesor, hard-drive, atau CD-ROM dan dapat dipergunakan sama seperti layaknya PC biasa. Dengan hardware Ncomputing exclusive UTMA (Ultra Thin Multi-Access) teknologi, Ncomputing dapat meng-ekspansi PC anda sampai 10 terminal komputer. (sampai 30 dengan Windows Server 2003 atau 2000 Server. Unlimited terminals dengan operating sistem Linux tertentu). Nama NComputing berasal dari bentuk matematika yaitu "n" dimana artinya adalah penambahan yang tak terus menerus, dalam hal ini penambahan pengguna dalam membagi-bagi sebuah komputer.Ncomputing berkantor pusat di Kota Redwood, CA, dan memiliki kantor cabang resmi di Amerika, Australia, Kanada, Cina, Jerman, India, Korea, Polandia, Rusia, dan Inggris; dan banyak distributor di seluruh dunia.
Pada tahun 2003, Young Song, pendiri perusahaan eMachines, bertemu dengan pengusaha asal Jerman Klaus Maier (sebelumnya CEO dari hydrapark), dimana mereka sebelumnya sudah menghabisakan waktu lebih dari 10 tahun dalam mengembangkan perangkat lunak yang merupakan inti dasar dari NComputing. Mereka membentuk sebuah team untuk mengembangkan perangkat keras pelengkap di Rusia, saat perangkat lunak ncomputing dibuat di Polandia. Stephen Duke adalah pemimpin sebelumnya dari eMachines, yang bergabung dengan NComputing di Januari 2006 untuk memimpin perusahaan ncomputing.
Ada beberapa alasan mengapa kita memilih Produk Ncomputing :
• Tidak berisik dan pengunaan listrik kecil hanya 5 watt
• Supports high resolution tampilan monitor
• Aman dan cepat
• Siap dan mudah digunakan
• Biaya lebih efektif
• Tidak membutuhkan perawatan
• Kompatibilitas
• Pengoperasian Windows secara Simultan
• Desain yang ringkas
Cara kerja Ncomputing sama dengan thin client tapi perbedaannya adalah perbaikan dari streaming media dan kualitas suara dan juga penekanan pengeluaran biaya jika menggunakan Ncomputing. NComputing menggunakan user profile (account) yang ada di dalam operating sistem (windows/linux). Cara kerja Ncomputing sebenarnya sangat sederhana. Komputer yang ada sekarang sudah sangat canggih. Ada banyak aplikasi di dalamnya yang sebenarnya hanya memerlukan kapasitas sangat kecil. Oleh karena itu, NComputing memanfaatkan kelebihan kapasitas yang dimiliki komputer itu dan merekayasanya, sehingga dapat dipakai bersama oleh banyak pengguna komputer. Misalnya, komputer dengan prosesor Intel Core 2 Duo, hard disk 500 gigabita, dan memori 4 gigabita, hanya dipakai untuk mengetik, presentasi, atau menjelajahi Internet. Untuk tugas enteng seperti itu, paling hanya 20 persen kemampuan komputer yang benar-benar dimanfaatkan. Sisanya menganggur. Mestinya, spesifikasi setinggi itu bisa dibagi ke sepuluh komputer lain. Perangkat NComputing - software dan hardware - kemudian menyalurkan kapasitas yang menganggur itu ke beberapa terminal. Alat itu terdiri atas perangkat akses NComputing - ukurannya tak lebih besar daripada Nokia Communicator terbaru - yang terhubung dengan monitor, papan ketik, dan tetikus. Tapi terminal ini, kendati tanpa prosesor, memori, ataupun hard disk, berfungsi layaknya komputer utuh. Dan setiap terminal bisa menjalankan aplikasi yang berbeda seolah-olah satu dengan yang lainnya independen. Karena menggunakan satu server atau komputer untuk digunakan ramai-ramai, NComputing tidak cocok digunakan sebagai game station—misalnya untuk Ragnarok atau permainan grafis kelas berat seperti World of Warcraft. NComputing hanya cocok untuk aplikasi kantor atau pendidikan dan pengguna rumahan.

Kesimpulan:
Keuntungan NComputing ini akan berguna untuk berhemat biaya dalam hal operasional, karena membutuhkan daya/energi yang kecil pengeluaran biaya untuk listrik mungkin akan terpotong lumayan besar. Ukurannya yang kecil dan simple mungkin menarik dan menjadi nilai tambah.
Kerugiannya setelah dikalkulasi biaya awalnya malah lebih mahal dari pc desktop biasa, selain itu penggunaaan CPU adalah share sehingga terkadang membuat klien merasa terbatasi oleh aturan.
Implementasi Ncomputing dapat diterapkan dikampus?
menurut saya dapat diterapkan karena selain mengeluarkan biaya yang murah, Ncomputing sangat efektif karena Ncomputing bisa memperbanyak sampai 10-30 pemakai dari 1 PC; Cocok untuk berbagai macam aplikasi dari small to medium size business, enterprise dan home markets.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar