Minggu, 23 Mei 2010

peluang kerja sistem komputer

PELUANG KERJA LULUSAN
SISTEM KOMPUTER

PENDAHULUAN
Dengan seiringnya waktu,dunia teknologi telah berkembang sangat pesat. Tanpa kita sadari telah banyak sekali masyarakat di dunia mempelajari atau mengetahui kemajuan teknologi tersebut. Dengan adanya kemajuan teknologi,akan mempermudah manusia untuk mengetahui informasi yang ingin atau yang belum kita ketahui. Dalam dunia kerja pun teknologi sangat diperlukan untuk memperlancar atau mempermudah menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal ini menyebabkan beberapa universitas negeri maupun swasta membuka program studi tentang teknologi.

SISTEM KOMPUTER
Apa itu sistem komputer? Sistem Komputer terbagi menjadi 2 kata yaitu Sistem dan Komputer. Pengertian dari Sistem ialah kumpulan dari beberapa komponen yang saling berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lainnya secara teuurut. Sedangkan pengertian Komputer ialah satu kesatuan hardware atau perangkat keras yang berfungsi membantu manusia untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan dengan manusia. Jadi, pengertian Sistem Komputer itu sendiri ialah kumpulan dari beberapa perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain dengan tujuan untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan oleh manusia. Namun dalam kehidupan sehari-hari ,Sistem Komputer itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas atau perintah yang diinginkan oleh manusia seperti menerima input, memproses input, menyimpan data, dan menampilkan output dalam bentuk informasi. Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan sebuah komputer.
Mempelajari Sistem Komputer pada saat ini banyak diminati oleh masyarakat di dunia. Hal ini disebabkan karena pada saat ini banyak orang yang menggunakan teknologi komputer serta memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif atau yang berguna. Komputer itu sendiri merupakan sebuah teknologi yang terpopuler pada era saat ini. Dengan adanya Komputer, manusia dapat mengerjakan pekerjaannya dan dapat menyimpan hasil pekerjaanya (berupa file) serta dapat bertukar informasi dengan cepat melalui bantuan sebuah teknologi yang bernama internet. Dengan adanya internet, manusia dapat bertukar informasi dari satu orang ke beberapa orang lainnya walaupun dengan jarak yang sangat jauh. Oleh karena itu, komputer sangat dibutuhkan terutama di dunia perkantoran.
Untuk dapat mempelajari kemajuan teknologi secara mendalam,bisa dengan cara kursus ataupun pada saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang menyediakan program studi Fakultas Ilmu Komputer di berbagai perguruan tinggi swasta maupun negeri. Program studi Fakultas Ilmu Komputer S1 (FILKOM). FILKOM jenjang S1 dibagi menjadi 2 bagian yaitu Sistem Komputer dan Sistem Informasi. Namun,FILKOM berdasarkan jenjang carier dibagi menjadi 2 yaitu Sistem Komputer (S1) dan Teknik Komputer (D3).
Program studi sistem komputer dan Sistem Informasi berdasarkan materi yang diberikan di perkuliahan tidak jauh berbeda karena keduanya sama-sama mendapatkan atau mempelajari tentang komputer. Namun dalam program studi Sistem Komputer, materi yang diberikan lebih menjurus ke perangkat keras (Hardware) tetapi pada program studi Sistem Komputer, juga mempelajari perangkat lunak (Software) dan jaringan computer. Sedangkan program studi Sistem Informasi, materi yang diberikan lebih menjurus ke perangkat lunak (Software) atau materinya kebalikan dari Sistem Komputer. Namun, program studi Sistem Informasi juga mempelajari atau mengetahui perangkat keras tetapi materi yang diberikan tidak secara mendalam.
Dari penjelasan diatas, maka kita jadi lebih tahu atau lebih mengenal materi apa saja yang akan didapatkan kalau kita belajar di Jurusan Sistem Komputer atau Sistem Informasi. Setelah kita mengetahui materi apa saja yang akan kita dapatkan dari kedua jurusan tersebut maka kita dapat membandingkan keduanya dan ternyata Jurusan Sistem Komputer lebih lengkap dibandingkan Jurusan Sistem Informasi. Walaupun Jurusan Sistem Komputer lebih lengkap tetapi kedua Jurusan tersebut sama-sama sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Pada Jurusan Sistem Komputer secara spesifik mempelejari tentang sebuah sistem control (Mikrokontroller), jaringan computer (topologi jaringan, database,dll), pembuatan aplikasi software computer (membuat Web pribadi, MCS=Mobile Computing Software,dll), serta mempelajari semua bahasa mesin atau biasa disebut bahasa asembler atau bahasa tingkat tinggi.
Jadi, lulusan Jurusan Sistem Komputer dapat ditempatkan diberbagai bidang yang berhubungan dengan komputerisasi. Namun, lulusan Sistem Komputer lebih tepat mendapatkan pekerjaan di bidang jaringan komputer seperti pengembangan jaringan Local Area Network di suatu perusahaan gedung bertingkat karena dengan adanya jaringan komputer di dalam suatu gedung perusahaan maka pegawai atau karyawan akan lebih mudah untuk mengirimkan data yang diminta oleh karyawan lain jika dibutuhkan. Atau membuat jaringan computer yang lebih luas seperti WAN (Wide Area Network). Dengan kita menggunakan jaringan computer WAN maka kita dapat mengirimkan data ke gedung atau poerusahaan lain jika data tersebut dibutuhkan.
Mengapa lulusan Sistem Komputer lebih cocok mendapatkan pekerjaan di bidang jaringan komputer? Karena lulusan Sistem Komputer lebih mendalam mempelajari jaringan computer. Materi jaringan computer dipelajari secara mendalam pada saat praktikum. Pada saat praktikum tersebut kami mempelajari Jaringan Komputer Dasar (JKD) dan Jaringan Komputer Lanjut (JKL). Pada materi JKD, kami mempelajari bagaimana cara crimping kabel, membedakan kelas IP, subnetting, mempelajari jenis kabel yang digunakan untuk LAN,Client-Server, dll). Pada materi JKL, kami mempelajari membuat php yang terkoneksi di web dengan menggunakan database dengan menggunakan system operasi Blankon. Pada materi ini,kami juga mempelajari menjadi sebuah admin atau biasa kita sebut server yang membagi data atau file kepada seluruh user sebagai sarana pertukaran data.
Oleh sebab itu lulusan Sistem Komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena lulusan Sistem Komputer termasuk lulusan yang mengikuti perkembangan atau kemajuan teknologi khususnya dalam bidang komputerisasi.

KESIMPULAN
Jadi kesimpulannya, lulusan Sistem Komputer menurut saya ialah sumber daya manuasianya tidak usah diragukan lagi mengenai jaringan komputer dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan bekal ilmu yang telah didapatkan pada saat perkuliahan. Materi yang didapat berupa perangkat keras khususnya dan perangkat lunak umumnya. Jadi lulusan system computer sangat lengkap untuk mendapatkan pekerjaan di bidang jaringan computer atau komputerisasi karena mengerti akan masalah jaringan computer baik Hardware maupun Software. Tetapi jika kita mendapatkan pekerjaan yang tidak memakai ilmu yang telah kita dapatkan di perkuliahan, harus kita terima dan kita jalani dengan ikhlas karena dengan seiringnya waktu, kita akan dapat mengerjakan pekerjaan tersebut dengan baik dan benar dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar